Banyuwangi dan Warung Pintar Gelar Hackathon Pintar 1.0

Guru dan Siswa SMK Gajah Mada menjadi finalis dalam Banyuwangi dan Warung Pintar Gelar Hackathon Pintar 1.0. Ajang yang digelar selama dua hari Jumat (29/3/2019) hingga Sabtu (30/3/2019)ini, untuk mencari jawara yang tepat dalam memberikan solusi dan mengakselerasi kinerja UMKM dan pariwisata di Banyuwangi tersebut.

Banyuwangi dan Warung Pintar Gelar Hackathon Pintar 1.0
Banyuwangi dan Warung Pintar Gelar Hackathon Pintar 1.0

Banyuwangi - Sebanyak 150 pengembang teknologi berkompetisi Hackathon Pintar 1.0 yang digelar Pemkab Banyuwangi berkolaborasi dengan startup teknologi ritel Warung Pintar.

"Hackathon ini kalau di pemerintahan semacam Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang. Ini Musrenbang gaya baru. Kita ajak anak-anak muda urun solusi lewat teknologi, apa sih yang mereka tawarkan dan rencanakan untuk meningkatkan kinerja pariwisata dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM)," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas 

Dalam dunia teknologi, hackathon adalah ajang pengembangan teknologi untuk tujuan tertentu. Di ajang Hackathon Banyuwangi ini, para pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras berkolaborasi, mulai pemrogram komputer, desainer grafis, hingga desainer antarmuka, untuk menciptakan teknologi bagi pengembangan UMKM dan wisata.

Anas mengatakan, 150 peserta itu tergabung dalam 50 tim. "Kami pilih tiga pemenang yang menawarkan solusi paling tepat untuk UMKM dan pariwisata. Hadiahnya Rp30 juta," imbuhnya.